Banyak Yang Akan Pensiun, 43 Kepala Sekolah Dilantik

Sebanyak 43 orang kepala SD dan SMP di Kabupaten Belitung Timur dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza, di Ruang Pertemuan Dinas Pendidikan, Kamis (7/12). Dari 43 orang tersebut, 7 orang merupakan Kepala SMP dan 34 orang lainnya Kepala SD.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Kesuma Jaya mengatakan pelantikan kepala sekolah ada hal yang normal dan rutin dilakukan. Tujuannya untuk penyegaran dan pengisian jabatan yang kosong.

“Ada beberapa kepala sekolah yang pensiun dan ada juga yang sudah habis periode jabatannya. Kita isi dengan yang baru, cuman banyakan yang kita rolling,” kata Kesuma.

Mantan Kepala SMA Negeri 1 Manggar mengungkapkan jika hingga tahun 2018 nanti akan ada 106 orang, baik guru maupun kepala sekolah yang akan memasuki masa pensiun.

“Kita persiapkan dari sekarang. Guru-guru yang pangkatnya sudah cukup dan sudah pernah ikut seleksi kepala sekolah kita lantik. Untuk pengalaman dan karier mereka,” ungkap Kesuma.

Bupati Beltim, Yuslih Ihza mengatakan jabatan kepala sekolah bukanlah sebuah tujuan utama. Menurutnya, kepala sekolah juga merupakan guru yang ikut andil dalam dunia pendidikan.

“Jangan terlalu berbangga diri terhadap jabatan yang diamanahkan. Jadikan ini amanah yang benar-benar harus dipegang dengan penuh tanggungjawab,” ucap Yuslih.

Yuslih berharap dengan adanya pelantikan dapat meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi murid di Kabupaten Beltim. Ia pun berpesan agar di tempat kerja yang baru, para kepala sekolah akan meningkatkan kinerjanya.

“Saya berharap kinerja saudara-saudara tetap meningkat dan membawa dampak positif dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Beltim. Didik anak-anak kita agar berprestasi dan mampu bersaing dengan anak-anak di daerah lain,” pintanya.

Diakhir sambutannya, Yuslih menekankan agar institusi sekolah dapat menjadi garda terdepan untuk membekali putra-putri Kabupaten Beltim dari serangan dan efek negatif luasnya informasi.

“Bekali anak-anak kita dengan ilmu agar tidak tidak mudah terjerumus pada hal-hal negatif dan mereka mampu memfilter segala informasi yang masuk,” ujarnya. @2!

Sumber: 
www.billitonesia.com