HARI PERTAMA MASUK 98 PERSEN PEGAWAI HADIR

Manggar, Diskominfo Beltim – Pasca libur panjang Hari Raya Idul Fitri, hampir 100 persen pegawai Pemkab Belitung Timur (Beltim) masuk kerja. Tak ada satu pun pegawai yang berani membolos.

Data dari Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) menyebutkan sekitar 98 persen pegawai Pemkab Beltim masuk kerja, Senin, 7 Juli 2017. Sekitar 2 persen lainnya tidak masuk karena cuti tahunan, cuti bersalin, sakit dan izin.

“Kita hitung yang jumlah pegawai OPD (organisasi perangkat daerah-red) tanpa guru. Alhamdulillah hampir 100 persen,” kata Kepala Bidang Pengadaan, Pembinaan, Pemberhentian dan Informasi Aparatur BKPPD, Yovie Aprianto seizin Kepala BKPPD, Zikril.

Yovie mengungkapkan dari 2.712 orang PNS di lingkungan Pemkab Beltim, hanya 1,3 persen yang tidak masuk. Namun dari 35 orang itu tidak ada yang membolos.

“Sekitar 35 orang yang tidak masuk. Ada yang cuti bersalin, masih cuti tahunan, sakit dan izin. Masih dalam batasan alasan yang dimaklumi,” ujar Yovie.
Meski begitu Yovie mengatakan khusus untuk perpanjangan cuti tahunan pada tanggal 3 Juli 2017 tidak diakui. Cuti tahunan pada tanggal tersebut sama dengan Tanpa Keterangan (TK).

“Selain tidak diberikan hak harian uang tambahan, juga diberikan peringatan lisan oleh masing kepala OPD sebagai pembina kepegawaian langsung. Cuti umum atau TK pada tanggal 3 Juli sama saja sifatnya,” jelas Yovie kepada Diskominfo Beltim.

Sedangkan untuk Pegawai Tidak Tetap (PTT), mantan Kepala Subbidang Pemerintahan dan SDM Bappeda Beltim itu mengatakan dari 1.687 orang PTT, hanya 1 persen yang tidak masuk.

“Jumlah yang ikut apel dengan rekap absensi harian berbeda mengingat ada beberapa pegawai seperti di RSUD dan Pusekesmas yang tidak bisa ikut apel dikarenakan sedang piket,” ujar anak mantan Bupati Belitung Isyak Zainudin tersebut. @2!

Sumber: 
https://www.belitungtimurkab.go.id
Penulis: 
Fauzi Akbar
Fotografer: 
Azy Lakuank